Sabtu, 28 April 2012

FLipMAS HADIR MENYALAKAN NALAR BANGSA


Ketua FLipMAS Indonesia dengan Topi Ikat Masyarakat Adat Cireundeu  Cimahi


Rabu yang lalu  adalah Hari Lahir Ngayah Bali. Pada kesempatan seperti itu Ketua FLipMAS Indonesia Bapak Sundani Nurono Soewandi atas nama Bija Lompoa (Keluarga Besar) FLipMAS Indonesia telah menyampaikan Selamat Berulang Tahun melalui milis, semoga semakin dewasa dan sukses dalam dinamika pergaulan baik internal maupun eksternal Ngayah. Beliau berpesan untuk jangan lupa  terus bergerak penuh energi membantu MENYALAKAN NALAR BANGSA.


Pada berbagai kesempatan Ketua FLipMAS selalu menekakan bagaimana PROdikMAS perlu terus bersemangat, memahami masyarakat dengan tradisi-tradisi di dalamnya yang kadang 'Tidak Rasional', seolah ada kebuntuan jalan pemahaman yang nalar.  Kita diminta untuk bisa bekerja keras dengan iklas menyalakan nalar mereka,menyalakan nalar bangsa ini. Bersyukur semangat dosen untuk melakukan PPM mulai terstimulasi, terutama bila dilihat dari semangat penyelenggaraan Workshop Mandiri di berbagai FLipMAS Wilayah, Mulai penyelenggaraan di Mammiri (Sulawesi Selatan), Legowo (Jawa Timur), Jagadhita (Jogjakarta), Sabilulungan (Jawa Barat), Dianmas (Jawa Tengah), terus ada Klinik Proposal sebagai kelanjutan WS di Legowo, workshop lagi di Mammiri, Ngayah (Bali), Olah Bebaya (Kalimantan Timur), dan   FLipMAS Wilayah Leuser yang telah beralih nama menjadi MARTABE akan juga melaksanakan pada  4-5 Mei 2012 semoga sukses, ada informasi Paket dan Waket FI siap mengisi acara, WS sejenis juga akan dilakukan di Kupang tanggal 10-12 Mei 2012 yang diselenggarakan FLipMAS Hetfen sekaligus acara launching Hetfen oleh Rektor Undana. Semoga semua prodikmas yang telah bergulat dalam workshop di berbagai tempat itu diberi kesuksesan dan kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Bahkan berdasar email Ketua FLipMAS Indonesia DP2M telah memberikan kesempatan penyelenggaraan Workshop Pembuatan Proposal di 45 Perguruan Tinggi di berbagai Wilayah di Indonesia. 


Keberagaman kegiatan FLipMAS di berbagai wilayah telah dicoba komunikasikan melalui komunikasi dunia maya pada blog ini,  juga ada beberapa FLipMAS daerah yang telah membuat hal yang sama seperti Ngayah, Mammiri, Jagadhita, Olahbebaya, Sabilulungan, Legowo yang semua juga bisa diakses melalui tautan di blog FLipMAS Indonesia ini. Upaya ini mesti dipelihara dan perlu DIHIDUPI TERUS agar orang-orang yang ingin tahu tentang FLipMAS, yang umumnya akan mencarinya di dunia maya akan terpuaskan tanda tanyanya. 

Kini respons pembentukan FLipMAS wilayah mulai bermunculan. Beberapa daerah seperti Ambon, Mataram, Sultra, Jambi, Sumsel, Lampung, DKI Jaya, Kalsel, Lampung, masih ditunggu kabar dari NAD, Kalbar, Sulteng, Papua adealah daerah-daerah yang tertarik untuk membentuk FLipMAS.


Setidaknya menurut penjelasan Ketua FLipMAS Indonesia akan ada  kelahiran 11 FW baru yang proses kelahirannya agak berbeda dengan 9 FW eksisting memerlukan pemikiran banyak PROdikMAS khususnya para reviewer PPM Ditlitabmas. Dari data kinerja PPM PT tercatat wilayah dengan kegiatan PPM yang cukup aktif adalah:

1) Papua Barat, Manokwari dan sekitarnya dikomandani Unipa, siapa PROdikMAS wilayah tsb yang mampu menggerakkan FLipmas?

2) Ambon, dikomandani Universitas Muhammadiyah Darussalam, pak Lamuria dapat dipercaya untuk menggerakkan FLipMAS

3) Sulawesi Tenggara, Kendari dan sekitarnya, dikomandani Unhalu, Ketua LPMnya siap membentuk FLipMAS
4) Sulawesi Tengah, Palu dan sekitarnya, dikomandani Untad dan Unmuh Palu, p Burhanuddin Nasir sudah dihubungi untuk membentuk FLipMAS tetapi belum merespons. Ada nama lain?
5) Kalimantan Selatan, dikomandani Unlam, p Abdul Samad (mantan LPM Unlam) dan p Pahmi sudah dihubungi. p Samad siap membantu
6) Kalimantan Barat, dikomandani Untan dan Unmuh Pontianak, belum dikenali siapa yang dapat dimintai tolong membentuk FLipMAS di situ
7) DKI Jaya, dikomandani UI, Ketua DRPM UI akan dimintai bantuan membentuk FLipMAS di wilayah ini
8) Sumsel, Palembang dan sekitarnya, dikomandani Unsri, pak Satria sudah siap membantu membentuk FLipMAS
9) NTB, Mataram dan sekitarnya, dikomandani Unram, pak Joniarta siap membantu, respons LPM masih ditunggu
10) Lampung dan sekitarnya, dikomandani Politeknik Bandar Lampung, ada nama yang bisa membantu?
11) Jambi dan sekitarnya, dikomandani Unja, ada nama PROdikMAS di situ yang bisa membantu? ada ibu yang sekarang sudah menjadi staf ahli Asisten II Pemda tampaknya cocok menjadi penggerak FLipMAS, lupa namanya
12) Sumatera Barat, Padang dan sekitarnya, dikomandani Unand, beberapa nama sudah dihubungi tetapi FLipMAS belum juga terbentuk...hehehe. Ada usulan nama untuk membantu kita?
13) NAD, Banda Aceh dan sekitarnya, dikomandani Unsyiah (FI mengusulkan kepada pak Edison Purba untuk mengubah nama Leuser mengikuti nama FW lainnya sekaligus melepas NAD untuk membantuk FLipMAS sendiri), ada nama yang bisa membantu kita?


Wilayah NKRI lainnya masih mengerjakan PPM secara sporadis dan tidak kontinyu. Untuk sementara ditinggal dulu. Untuk 9 FW eksisting dibutuhkan kontribusinya pada pembentukan 11 FW baru agar level spirit dan keikhlasan membantu masyarakat bisa dibawa pada level yang sama tingginya. Terimakasih salam. (Dikompilasi dari milist FLipMAS) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar