Senin, 31 Desember 2012

CATATAN AKHIR TAHUN 2012


Ketika catatan ini di buat, berarti umur FLipMAS Indonesia tengah berada pada posisi 2 tahun kurang 7 bulan 16 hari atau lebih tepat lagi berumur 1 tahun 5 bulan 14 hari, karena itu sesungguhnya umur forum ini masih terbilang sangat-sangat muda. Walau masih muda belia, karena FLipMAS adalah ‘anak harapan masyarakat’ terpaksa ia tidak bisa menikmati kemanjaan ‘sebagai balita’. Sederet kerja langsung menimangnya, langsung menjemputnya. Tidak masalah karena FLipMAS lahir memang untuk memenuhi cita-cita menyalakan nalar dan mensejahterakan bangsa. Kini FLipMAS Wilayahpun makin merambah lahir di beberapa daerah di berbagai wilayah NKRI, FLipMAS Wilayah yang diinisiasi pembentukannya di Bali dengan nama FLipMAS Ngayah (lahir 25 April 2010, jauh sebelum FLipMAS Indonesia terbentuk) kini telah berkembang menjadi 20 FLipMAS Wilayah. FLipMAS Ttayo, adalah FLipMAS Wilayah Gorontalo yang terakhir terbentuk 23 Nopember 2012 yang lalu. Belakangan ada 3 daerah yang berinisiatip untuk membentuknya yaitu Sumatra Selatan, Bengkulu dan Jambi. Memang ‘anak harapan’ selalu bisa menjangkiti, ada saja giroh yang menyemangati kelahiran di tiap daerah. Kita tunggu saja semangat juang dan keikhlasan para prodikmas di daerah lain yang akan memperkuat perjuangan kita bersama.
Di ujung tahun 2012 ini, kalau kita mencoba berefleksi, maka hal terpenting dalam pengembangan FLipMAS ini adalah menyangkut legalitas organisasi. Setelah melalui diskusi dan perdebatan pajang, mulai pertemuan di Makasar, Bali, Malang, Bandung, Jogjakarta, Jakarta, dan akhirnya tiga pimpinan FLipMAS Indonesia yaitu Tn.Sundani Nurono (Ketua), Tn.Ir. Gatot Murdjito, MS (Wakil Ketua), dan Tn Drs. Gunarso, MM (Sekretaris) pada tanggal 29 Juni 2012  menghadap YUASRI, SH,  Notaris dan PPAT di Yogyakarta, Sejak itu melalui kantor Notaris YUASRI, SH di Yogyakarta ‘Forum Layanan Iptek Bagi Masyarakat (FLipMAS) Indonesia’ memiliki akta pendirian yang syah secara hukum di negeri ini, yaitu akta dengan Nomor: 42/2012, dan telah terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Yogyakarta dengan Nomer: W13-UI/193L/HK00/VII/2012. Dianggap penting karena legalitas tersebut membuat gerak dan langkah FLipMAS akan lebih leluasa dan menjadi legal formal dilindungi undang-undang. 
Capaian signifikan lain dari FLipMAS Indonesia adalah pembentukan FLipMAS-FLipMAS Wilayah, dalam kurun waktu tahun 2012 yang efektif 7 bulan (Juni – Desember) telah mampu mendorong pembentukan 11 FLipMAS Wilayah. Data seluruh FLipMAS Wilayah termasuk ketuanya adalah sebagai berikut: 1). FLipMAS NGAYAH (Wilayah Bali) Lahir : 25 April 2010 Ketua : I Ketut Sardiana (UNUD); 2). FLipMAS HETFEN (Wilayah Nusatenggara Timur) Lahir : 10 Oktober 2010 Ketua : Grace Maranatha (UNDANA); 3). FLipMAS MAMMIRI (Wilayah Sulawesi Selatan) Lahir : 10 Januari 2011  Ketua : Citra Asmi Malina (UNHAS); 4). FLipMAS JAGADHITA (Wilayah Yogyakarta) Lahir : 01 Maret 2011  Ketua : Husain Kasim (UPN Jogja); 5). FLipMAS SABILULUNGAN ( Wilayah Jawa Barat) Lahir : 01 Maret 2011 Ketua : Sondi Kuswaryan (UNPAD); 6). FLipMAS LEGOWO (Wilayah Jawa Timur) Lahir : 04 Maret 2011 Ketua : Adi Sutanto (UMM); 7). FLipMAS DIANMAS (Wilayah Jawa Timur) Lahir : 30 Juli 2011 Ketua : Suparni Rahayu (POLINES); 8). FLipMAS OLAHBEBAYA (Wilayah Kalimantan Timur) Lahir : 06 Agustus 2011 Ketua : Addy Suyatno (UNMUL); 9). FLipMAS MARTABE (Wilayah Sumatera Utara) Lahir : 22 Agustus 2011 Ketua : Edison Purba (USU); 10). FLipMAS FATAHILLAH (Wilayah Jabodetabek) Lahir : 02 Juni 2012 Ketua : Bondan Tiara Sofyan (UI); 11). FLipMAS SEULAWAH (Wilayah NAD) Lahir : 08 Juni 2012 Ketua : Syamsyu Rizal (UNSYIAH); 12). FLipMAS SASAMBO (Wilayah Nusa Tenggara Barat) Lahir : 14 Juni 2012 Ketua : Chairun Nasirin (STIKES Mataram); 13). FLipMAS ANOA (Wilayah Sulawesi Tenggara) Lahir : 17 Juni 2012 Ketua : Sarrawa (UNHALU); 14). FLipMAS MAPALUS (Wilayah Sulawesi Utara) Lahir : 02 Juli 2012 Ketua : Farnis Boneka (UNSRAT); 15). FLipMAS NOSARARA NOSABATUTU (Wil.SULTENG) Lahir : 17 Juli 2012 Ketua : Asriani Hasanuddin (UNTAD); 16). FLipMAS Equator ( Wilayah Kalimantan Barat) Lahir : 01 Agustus 2012 Ketua : Yohana Kusuma Dewi (UNTAN);  17). FLipMAS MANISE (Wilayah Maluku ) Lahir : 13 Agustus 2012 Ketua : Ismael Marabesi (POLIKANT); 18). FLipMAS BATOBO (Wilayah Riau dan Riau Kepulauaan) Lahir : 14 Agustus 2012 Ketua : Padil (UNSRI); 19). FLipMAS PAPUA (Wilayah Papua Barat) Lahir : 27 September 2012 Ketua : Ahmad Yani (Universitas Muhammadiyah Sorong); dan 20). FLipMAS TTAYO (Wilayah Propinsi Gorontalo) Lahir : 23 November 2012 Ketua : Ibu Femi M. Sahami (Univ. Negeri Gorontalo).
Capaian lain yang tidak kalah pentang pada tahun 2012 adalah kerjasama dengan BKBL Pertamina dalam rangka membangun desa di berbagai wilayah NKRI, terutama untuk desa-desa tertinggal dan daerah perbatasan NKRI. Penghargaan pada Srikandi Mammiri Ibu Asmi Ctria Malina yang menginisiasi kerjasama ini, Kerja FLipMAS bersama Pertamina menurut Ketua telah  dimulai di beberapa daerah, di Sulawesi Utara ada 10 Desa yang menjadi sasaran pembangunan, di Wilayah Sorong ada 20 Desa, NTT ada 24 Desa, Riau ada 10 Desa dan juga wilayah Jawa Tengah ada sekitar 20 Desa, jadi sementara total seluruhnya sekitar 84 Desa dari target yang dicanangkan bersama Pertamina untuk menggarap 100 Desa.
Pada sisi yang lain, kerjasama FLipMAS dengan DP2M  Dikti makin pula terbangun kebersamaannya, setidaknya melalui kegiatan Stimulasi PPM di  35 PT  dengan lokasi yang berbeda tersebar dari Banda Aceh hingga Manokwari Papua . Pada acara ini FLipMAS diberi akses untuk menjelaskan tentang aspek keorganisasian FLipMAS, program dan perkembangan kewilayahannya, Walau sedikit ada masalah pada pelaksanaan, lantaran keterlambatan informasi, pembiayaan yang swadaya terlebih dahulu, penjadwalan pelaksanaan dan nara sumber, namun secara umum kegiatan masih bisa berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa daerah justru sekaligus bisa dijadikan wahana konsolidasi dan intropeksi pengelolaan organisasi FLipMAS Wilayah.
Catatan akhir tahun ini, rasanya tidak lengkap kalau kita tidak simak catatan penting Ketua FLipMAS Indonesia bapak Sundani Nurono Suwandhi yang  tertuang dalam beberapa emailnya, yaitu :  
1. Beliau memberi apreasiasi pada teman-teman kita yang bergabung dalam FW Hetfen yang sedang bekerja sepenuh tenaga, pikiran dan nalurinya dalam membangun desa bersama pertamina diporos Kupang-Atambua. Kita doakan bersama, agar seluruh teman2 PROdikMAS Hetfen yang sedang berada di lini depan pembangunan desa2 NTT selalu berada dalam kondisi sehat, selamat dan tetap bersemangat mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat. Yang paling utama dari itu semua adalah menyadarkan masyarakat akan fakta bahwa mereka bisa saling mensejahterakan satu dan lainnya.
2. Untuk FW Papua dan Mapalus yang juga sedang berada di garis depan membangun desa, jangan lupa membangun pasukan terlatih untuk meningkatkan mutu dan kinerja menyalakan nalar bangsa.
3.  Sumsel, Bengkulu dan Jambi sedang mempersiapkan pembentukan FW baru. Bagi FW yang baru terbentuk, silakan mulai mensosialisasikannya ke Pemda dan juga pemegang dana CSR atau PKBL. Menjelang akhir tahun ini PROdikMAS Batobo di Riau juga sedang bergerak membangun desa di kep Natuna, Karimun dan wilayah indragiri hilir. 24 jenis kegiatan yang sedang dilaksanakan bersama pertamina  Sementara acara di Atambua berulang masih ditunda, juga, terakhir meneg BUMN dijadwalkan  ke Atamboa awal tahun 2013. Mudah2an penundaan memberikan peluang terbentuknya kesempurnaan. Amien. Semoga sukses selalu menyertai kita semua. Amien
4. Berkait dengan PT terpencil yang terkungkung pada ketidakmampuan menyusun proposal bahkan IbM sekalipun. Salah satu tujuan pembentukan FLipMAS adalah memperbesar jumlah PROdikMAS melalui kegiatan WS Penyusunan Proposal di seluruh wilayah FW. Artinya setiap FW bertanggungjawab atas perkembangan critical mass dosen yang mahir dalam PPM. Dengan demikian tidak diperlukan kuota tertentu untuk PT Terpencil. Sebab pemberian kuota hanya akan melegitimasi ketidakseimbangan potensi akademik dosen di NKRI. Sebab itu pulalah, dalam kegiatan2 WS semacam itu, setiap FW disarankan untuk saling memanfaatkan pakar-pakar PPM FW tetangganya. Dan pada setiap WS sedapat mungkin mengajak serta seluruh peserta hadir di masyarakat untuk membuka mata hati dan mata akademiknya. Sebab ketidakmampuan dosen menulis proposal PPM lebih disebabkan pada ketidaktahuannya akan masyarakat yang membutuhkan  pikiran dan perasaannya. 
5. Hal penting lainnya adalah bahwa pada setiap WS PPM harus selalu diingatkan untuk tidak menyelingkuhi amanah yang diembannya. Pada simposium yang baru lalu ternyata masih terlalu banyak ditemukan pelaksana PPM dengan sadar melakukannya. Bahkan yang tergolong anggota FLipMAS...hehehe...Jumlah ini menambah jumlah dosen yang merefleksikan dan melegitimasi komunitas intelektual kampus sebagai masyarakat berperilaku dan berpikir miskin. Kalau sudah begini ini, kemana lagi rakyat menggantungkan cita-citanya ? hahaha
6. Di yogyakarta tanggal 18 Desember malam, bapak Gatot Murdjito, bapak Gunarso, bapak Sundani NS, ibu Yuni dan pak Darmono Jagadhita sempat bertemu di resto ayam dan bebek goreng Gatot Murdjito membahas hasil pertemuan bapak Gatot Murdjito  dan bapak Sultan Yogyakarta. Tindak lanjutnya adalah pertemuan FLipMAS Indonesia lengkap dengan Sultan yang direncanakan paling lambat minggu kedua Januari 2013 menyesuaikan jadwal Sultan dan paling lambat akhir Januari 2013 dilaksanakan pertemuan FI dan FW seluruh Indonesia mendeklarasikan eksistensi FLipMAS, membahas struktur dan kewajiban organisasi, program dan pola kerja. Dalam pertemuan tersebut diharapkan hadir juga rekan-rekan kerja FLipMAS seperti Pertamina dan instansi terkait termasuk ketua-ketua LPM PT yang bergabung dalam FLipMAS. Data detil menyusul secepatnya. Selamat menunaikan amanah kemanusiaan mudah-mudahan Allah SWT selalu membimbing dan menyertai kita semua. Amien
7. Tahun 2013 sudah mulai menghangati meski rembulan belum digantikan cahaya matahari di 1 Januari 2013. Jangan lupa tradisi FLipMAS untuk melatih pasukan baru setiap tahunnya membaktikan pengetahuan dan pengalamannya bagi masyarakat. Mudah-mudahan  FLipMAS Indonesia segera dapat menerbitkan jadwal kerja tahun 2013 untuk menjadi acuan seluruh FW dalam menyusun kalender kerja tahun 2013. SELAMAT TAHUN BARU 2013. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar