Senin, 20 Februari 2012

WORKSHOP JAGADHITA DAN SABILULUNGAN



            Membaca millinglist FLipMAS yang makin hangat, jelas menggambarkan gairah PROdikMAS makin menggembirakan dan menyala-nyala. Menggagas dan kerja langsung di masyarakat memang ‘ndatuki dan nulari’, membuat orang yang terjun makin ingin terjun, buat yang terstimulasi akan mencoba. Karena kerja di Pengabdian Masyarakat memiliki nilai yang lebih ‘menantang dan memuaskan’ disbanding berkutat di laboratorium atau kelas. Manakala kita sudah bisa membedah problematika dasar masyarakat dan mengkonstruksi solusi lalu merealisasikan hingga masyarakat berkurang atau terlepas dari problematikannya, maka nilai kerja kita akan bisa langsung terukur. Berbondong-bondongnya PROdikMAS mengikuti Workshop PPM yang diselenggarakan beberapa FLipMAS Wilayah, juga merupakan pertanda awal meningkatnya minat Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  DP2M Dikti.
            Dalam waktu dekat, adalah FLipMAS Jagadhita Yogyakarta yang akan menyusul menyelenggarakan Workshop Penyusunan Proposal PPM yaitu pada tanggal 24-26 Februari 2012. Teman-teman Jagadhita langsung merespon Ketua FLipMAS Indonesia Prof. Sundani Nurono Suwandhi yang merekomendasikan penyelenggaraan Workshop selayaknya 3 hari dan sekaligus ada kegiatan kunjungan lapang ke lokasi kegiatan pengabdian. Jagadhita akan mengajak peserta workshop mengunjungi Hutan Alam Wanagama Gunung Kidul. Bagi teman-teman FLipMAS yang berkeinginan mengikuti Workshop Jagadhita bisa menghubungi Pak Husain (Hp 081392008200). Bila dilihat dari jadwal acara, peserta akan dipuaskan dengan waktu yang cukup untuk penjelasan dan  konsultasi proposal.
            Waktu berikutnya, menyusul  FLipMAS Sabilulungan akan mengelenggarakan juga Workshop Penyusunan Proposal PPM yaitu pada tanggal 34 Maret 2012 bertempat di LPPM UPI Jl. Setiabudi Bandung.  Workshp menghadirkan pemateri dari DP2M Dikti, Prof. Sundani Nurono Suwandhi, Ir. Gatot Murdjito, MSc, Dr. Tendy Ramadhan, Bappeda Jawa Barat, CSR.  Peserta juga akan diajak melihat dari dekat Desa Tradisi binaan PROdikMAS Sabilulungan sebagai pengayaan materi workshop yang sekaligus bisa menjadi inspirasi pengembangan wilayah lainnya. Bagi PROdikMAS di Jawa Barat  dan sekitarnya, juga teman-teman FLipMAS se Indonesia yang berkenan ikut bisa menghubungi Ibu Marleen (0811247755).
            Penyelenggaraan Workshop PPM oleh FLipMAS yang banyak diminati peserta walaupun mereka harus membayar,  juga pengalaman penyelenggaraan di Malang bahwa antusias peserta menyimak dan diskusi sangat terasa. Semestinya bisa menjadi evaluasi workshop-workshop yang diselenggarakan DP2M. yang cenderung gratis bahkan semua dibiayai pemerintah termasuk biaya transportasi berangkat dan kepulangan peserta.  Tetapi semangat berworkshopnya konon terasa kurang entah karena apa, mungkin bisa jadi karena  memenuhi formalitas penugasan bukan karena kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar